Rabu, 02 April 2008

Kekuatan Penawaran dan Permintaan

Penawaran dan permintaan adalah dua kata yang paling sering digunakan oleh kaum ekonom. Alasannya tidak lain adalah karena keduanya merupakan kekuatan yang membuat ekonomi pasar bekerja dengan baik. Keduanya menentukan jumlah barang yang dihasilkan dan juga harga jual dari barang itu. Jika ingin tahu bagaimana suatu kejadian atau kebijakan dapat mempengaruhi perekonomian, harus terlebih dahulu membayangkan bagaimana pengaruh kebijakan tersebut terhadap penawaran dan permintaan.

Istilah penawaran dan permintaan merujuk pada perilaku di masyarakat ketika terjadi interaksi di pasar. Pasar (market) adalah sekelompok pembeli dan penjual dari suatu barang atau jasa. Sebagai suatu kelompok, para pembeli menentukan seberapa banyak permintaan barang tersebut, dan sebagai suatu kelompok yang lain, para penjual menentukan seberapa banyak penawaran barang tersebut.

Ketika pergi ke toko untuk membeli sesuatu, itu berarti anda sedang memberi kontribusi pada permintaan terhadap sesuatu. Ketika mencari pekerjaan, anda memberi kontribusi kepada penawaran tenaga kerja. Karena penawaran dan permintaan adalah fenomena ekonomi yang sangat umum, model dari penawaran dan permintaan adalah alat yang sangat baik untuk analisis.

0 komentar: