Selasa, 03 Februari 2009

Ilmu Paling Hebat

Humor terjemahan (yang sudah disesuaikan) ini tidak dimaksudkan untuk mengganggu aliran kepercayaan tertentu...


Suatu ketika, ada 4 orang yang sedang bersantai duduk bersama sambil berdiskusi. Keempat orang itu adalah si ahli filosofi, ahli biologi, arsitek, dan ekonom.

Si ahli filosofi membuka pembicaraan, "Kalian pikir ilmu apa yang dianggap oleh Tuhan paling penting dan hebat?" Teman-teman yang lain tampak bingung. Dengan yakinnya si ahli filosofi menjawab, " Ya jelas ilmu mengenai filosofi. Karena dengan adanya ilmu tersebut, manusia bisa hidup di dunia ini dengan nilai-nilai yang benar."

Si ahli biologi tampak tidak setuju. Dia langsung membalas, "Salah...!! Coba kalian pikir. Tuhan menciptakan manusia pertama kali dari proses yang sebegitu rumitnya, sehingga dicapai kehidupan. Jelaslah bahwa ilmu biologi lebih penting."

Si arsitek tidak mau kalah. "Bagaimana manusia bisa hidup jika tidak ada tempat utuk tinggal. Tuhan menciptakan dunia dan alam semesta dari suatu kehancuran. Jelas kalau profesi arsitek lebih hebat."

Mendengar perkataan si arsitek, ekonom tertawa saja. Si ekonom langsung menyeletuk, "Kalian pikir siapa yang bisa menciptakan kehancuran?"

-------

Waktu membaca tulisan di atas, langsung teringat kata-kata senior waktu pertama kali masuk bangku kuliahan.

"Betul bahwa dengan belajar ekonomi, kita bisa membangun suatu negara melalui perkonomiannya. Tapi di saat bersamaan, kita juga belajar bagaimana menghancurkan suatu negara (melalui perekonomiannya). Kita diajarkan cara menghitung pajak, berarti kita juga mendapat pengetahuan bagaimana menghindari harta kita tidak kena pajak."


---***---


0 komentar: